3 Hal Menarik ketika Perayaan Thanksgiving

3 Hal Menarik ketika Perayaan Thanksgiving

Perayang Thanksgiving Day sudah dijadikan hari libur nasional di kawasan Amerika Serikat. Perayaan ini bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan yang biasa di lakukan di akhir musim panen. Kini perayaan Thanksgiving tidak hanya populer di Amerika, tetapi sudah populer ke seluruh penjuru dunia. Tidak sedikit negara di seluruh dunia yang merayakan momen ini untuk berkumpul bersama keluarga. Menurut penelitian, perayaan Thanksgiving bermula pada Bulan Desember tahun 1619, ketika Imigran Inggris sampai di daerah Pertanian Berkeley, yang sekarang biasa disebut Charles City, Virginia.

hidangan kalkunSetelah sampai imigran Inggris tersebut memutuskan untuk memperingati hari kedatangan mereka setiap tahunnya sebagai hari untuk bersyukur kepada Tuhan atau yang sekarang di sebut Thanksgiving Day. Pada tahun 1863 Presiden Amerika pada saat itu, Abraham Lincoln, menetapkan hari Kamis pada minggu keempat di bulan November sebagai hari untuk memperingati Thanksgiving, yaitu sebagai ucapan syukur kepada Tuhan yang maha pemurah atas hasil panen yang diberikan. Beberapa tahun kemudian peringatan Thanksgiving dijadikan hari libur umum nasional di Amerika. Ketika perayaan Thanksgiving berlangsung, biasanya semua anggota keluarga akan berkumpul dan makan malam bersama atau yang biasa  disebut Thanksgiving Dinner. Di  Amerika masyarakatnya lebih menyukai ikan cod, babi hutan atau kalkun sebagai hidangan utama pada pesta.

Berikut 3 hal menarik ketika perayaan Thanksgiving berlangsung:

  1. Tanggal Perayaan Thanksgiving yang berbeda setiap tahunnya

Tanggal perayaan thanksgiving selalu berbeda setiap tahunnya, mengapa hal ini bisa terjadi?  kararena perayaan Thanksgiving selalu dirayakan pada setiap hari Kamis di minggu keempat pada Bulan November.  Oleh sebab itu, tidak ada tanggal pasti yang bisa menentukan perayaan Thankgiving di setiap tahunnya, semua itu bergantung pada penanggalan kalender sendiri. Contohnya pada tiga tahun terakhir ini, perayaan Thanksgiving Day di Amerika Serikat dirayakan pada tanggal-tanggal yang selalu berbeda: 23 November (2017), 24 November (2016), 26 November (2015); dan di tahun ini (2018) akan jatuh pada tanggal 27 November. Selain makan malam bersama keluarga, perayaan Thanksgiving ini juga kerap dimeriahkan dengan berbagai pawai besar yang unik di kota kota besar. Bahkan kompetisi sepak bola di Amerika dan Kanada akan dimulai sejak perayaan Thanksgiving.

  1. Hidangan Utamanya Adalah Kalkun

Awalnya Kalkun tidak begitu popular di kalangan masyarakat Amerika. Namun pada suatu hari terdapat prajurit Inggris yang mendarat di Amerika. Prajurit tersebut mencari angsa untuk di konsumsinya, tetapi dia tidak menemukan angsa untuk menu masakannya. Ketika itu, sang prajurit melihat kalkun yang dianggap mirip dengan angsa. Sejak saat itulah, orang-orang Inggris menjadikan kalkun sebagai hidangan utama dalam perayaan Thanksgiving. Kalkun dianggap cocok sebagai hidangan utama karena porsinya yang besar dan bisa dinikmati banyak orang.

Dalam penyajiannya, daging kalkun biasanya dipanggang dan diberi saus cranberry, lalu terdapat pie dari labu yang menjadi hidangan pelengkapnya.

  1. Tradisi “Black Friday”

Terakhir, hal yang sangat menarik pada saat perayaan Thanksgiving yang paling ditunggu oleh masyarakat Amerika adalah satu hari sesudah perayaaan Thanksgiving tersebut, yang cukup populer dengan istilah “Black Friday” atau yang berarti Hari Jumat Hitam. Pada hari jumat ini hampir semua toko di seluruh Amerika dan negara bagiannya memberi diskon yang besar terhadap barang yang mereka jual. Bahkan tidak sedikit diantara mereka rela memasang tenda dan berkemah sejak beberapa hari sebelumnya agar mendapatkan barang yang diimpikan.