5 Hal Yang Harus Kamu Tahu Seputar Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat

5 Hal Yang Harus Kamu Tahu Seputar Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat

Perayaan Thanksgiving telah menjadi salah satu bagian penting di negara Amerika Serikat. Perayaan ini sudah jadi tradisi sejak lama serta selalu dirayakan tiap 26 November tiap tahunnya atau tepat sebulan sebelum hari Natal. Thanksgiving identik dengan diadakannya pesta makan malam keluarga serta hidangan utama yaitu kalkun panggang. Banyak orang bertanya-tanya mengapa Thanksgiving hanya dirayakan oleh warga Amerika saja. Jika kita penasaran akan hal itu, berikut adalah 5 hal yang harus diketahui terkait perayaan Thanksgiving.

Pertama, awal perayaan Thanksgiving adalah sebagai hari khusus dalam mengucap syukur atas berkat kehidupan yang didapat seseorang. Thanksgiving pertama kali dirayakan Pastor Juan de Padilla di tahun 1541 bertempat di Canyon, Texas. Menyusul kemudian pada 1565, para pengungsi di St Augustine, Florida juga mengadakan perayaan serupa. Hal ini sekaligus menandai kedatangan pertama dari imigran Eropa ke Amerika Utara.

Kedua, menu Thanksgiving hampir selalu sama di tiap tahunnya, yaitu kalkun, pumpkin pie serta saus cranberry. Hidangan lain yang sering disajikan saat Thanksgiving ialah sayuran hasil kebun lokal, termasuk kentang, bayam, labu pie, kubis, kacang polong serta wortel. Pemilihan menu ini tak lepas dari tujuan perayaan Thanksgiving yaitu sebagai ucapan syukur atas hasil panen yang melimpah. Sehingga bahan-bahan makanan yang diolah juga adalah bahan-bahan dari hasil kebun lokal.

Ketiga, Thanksgiving kerap disebut pula sebagai parade Natal. Walau tidak ada kaitannya dengan Hari Raya umat Kristiani ini, namun Thanksgiving juga kerap disebut sebagai Macy Day Parade atau Parade Natal. Sebutan ini sendiri sudah mulai populer sejak 1924.

Keempat, Thanksgiving telah menjadi hari Ucapan Syukur Nasional di Amerika Serikat. Selama perang saudara yang terjadi di Amerika, banyak konflik serta pertempuran yang terjadi dan mendatangkan penderitaan bagi warganya. Akan tetapi pada 1863, Presiden Abraham Lincoln mengeluarkan pernyataan resmi bahwa minggu keempat di bulan November akan menjadi hari Ucapan Syukur Nasional. Sejak ditetapkannya hal ini, Presiden Lincoln mengajak semua warga Amerika mengambil waktu untuk mengucap syukur atas segala yang dilalui warga Amerika. Penderitaan atau luka-luka yang dialami warga akibat perang akan diserahkan pada tangan pengasihan Tuhan.

Kelima, Thanksgiving turut menjadi ucapan syukur atas melimpahnya persediaan kalkun. Data yang didapat dari Yayasan Kalkun Nasional menyebut bahwa dalam satu tahun, Amerika dapat mengonsumsi hingga 46 juta kalkun atau seperlima dari jumlah total semua kalkun yang ada. Kalkun juga kerap akan menjadi makanan yang sering dikonsumsi saat libur panjang, terutama di akhir tahun. Tidak heran jika Thanksgiving menjadi ucapan syukur atas melimpahnya bahan makanan favorit yaitu kalkun.

perayaan thanksgiving tahun 2017

Perayaan Thanksgiving Tahun 2017

Bahkan, seringkali orang akan menyebut Hari Thanksgiving sebagai Hari Kalkun. Itulah beberapa hal menarik seputar Thanksgiving yang biasa dirayakan oleh warga Amerika. Perayaan ucapan syukur ini juga dirayakan sebagai hari libur nasional di Amerika, di mana seluruh keluarga akan berkumpul dan menikmati makan malam bersama. Thanksgiving menjadi salah satu perayaan yang unik karena hanya ada di beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Indonesia, misalnya, tidak mengenal adanya Hari Thanksgiving.

Ini membuat Thanksgiving menjadi perayaan tahunan khas Amerika. Apalagi, sajian utama dalam Thnaksgiving yaitu kalkun juga terbilang kurang populer di Indonesia. Demikian penjelasan seputar hal-hal menarik tentang Thanksgiving yang menjadi perayaan tahunan di Amerika. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan kita.