Adakah Perayaan Thanksgiving di Indonesia?

Adakah Perayaan Thanksgiving di Indonesia?

Apa itu Thanksgiving? Mungkin sebagian orang, asing dengan kata itu. Mungkin mereka hanya menduga-duga bahwa Thanksgiving adalah rasa syukur. Mereka menduga seperti itu karena arti dari Thanksgiving tersebut adalah syukur. Thanksgiving sendiri memang tidak ada di Indonesia. Bicara mengenai Thanksgiving sendiri adalah suatu perayaan rasa syukur di akhir musim panas di Amerika. Di Amerika sendiri Thanksgiving day diperingati sebagai hari libur resmi yang bertepatan pada hari kamis keempat dibulan November. Hari ini sangat dinanti-nantikan oleh penduduk Amerika. Sebenarnya perayaan Thanksgiving tidak serta merta bertepatan pada bulan November. Namun, tergantung pada bulan apa musim panen itu tiba. Perayaan Thanksgiving selain di Amerika juga dirayakan diĀ  Kanada, Liberia, Puerto Riko dan Pulau Norfolk. Dengan perayaan yang berbeda-beda yaitu

Untuk Kanada : Senin ke-2 di bulan Oktober

Untuk Liberia : Kamis ke-1 pada bulan November

Untuk Pulau Norfolk : Rabu lalu pada bulan November

Namun, apakah hanya ditempat-tempat itu yang terdapat perayaan Thanksgiving? Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Apakah terdapat perayaan Thanksgiving? Perayaan Thanksgiving di Indonesia sebenarnya ada namun, mungkin hanya berbeda nama dan makanan yang disuguhkan mengingat bahan baku dan adat istiadat yang berbeda. Namun, makna dan apa yang dimaksud dari Thanksgiving sendiri sama yaitu suatu perayaan untuk mensyukuri panen atau panen yang telah berakhir dan hasil panen yang bagus. Mungkin jika di Indonesia dikenal dengan panen raya. Dan melaksanakan syukuran yang dikenal dengan sedekah desa yang biasa mengumpulkan makanan dari para petani lalu ditukar dan dimakan bersama-sama. Biasanya yang di Indonesia yang harus ada adalah kluban sebagai salah satu syarat.

Perayaan Thanksgiving sendiri memang memiliki makanan khas tersendiri yang menjadi suatu syarat dan inti dari perayaan Thanksgiving. Salah satu makanan khas yang harus ada pada perayaan Thanksgiving di tempat-tempat itu ialah kalkun panggang. Mengapa harus kalkun yang menjadi pilihan makanan utama pada perayaan Thanksgiving? Itu sebenarnya berasal dari legenda prajurit dari Amerika. Awal mulanya adalah Ratu inggris yang sedang merayakan kemenangan dan tenggelamnya Spanyol lalu di pestanya tersebut ia menghidangkan angsa liar yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

makan bersamaNamun, perayaan pesta tersebut hampir bertepatan dengan Thanksgiving. Lalu salah satu mantan prajurit mendarat di Amerika tetapi tidak menemukan angsa liar. Akhirnya pada saat itu juga, prajurit ini melihat seekor kalkun yang mirip seperti angsa liar. Jadi, orang Inggris membawa legenda itu dan menjadikan kalkun sebagai makanan utama dalam perayaan Thanksgiving. Kembali pada pertanyaan adakah perayaan Thanksgiving di Indonesia? Secara tidak langsung dan secara adat yang dimaksud thanksgiving di Indonesia tidak ada. Karena Thanksgiving yang dimaksud seperti di Amerika, hari Thanksgiving diperingati sebagai hari resmi libur dan terdapat pawai yang digunakan untuk merayakan hari Thanksgiving sendiri. Dengan berbagai kesenian dan bentuk-bentuk hewan yang dipertunjukkan. Sama seperti yang dikatakan di atas suatu ucapan syukur karena telah panen ada di Indonesia namun, tidak terdapat perayaan seperti apa yang dimaksud thanksgiving itu sendiri. Untuk itu jelas bahwa perayaan Thanksgiving tidak ada di Indonesia.

Mungkin bagi sebagian orang Indonesia yang tinggal di Amerika pernah mengikuti perayaan Thanksgiving. Jika bertanya kepada mereka apakah perayaan Thanksgiving ini sangat meriah di Amerika? Pasti mereka menjawab , iya. Karena memang perayaan Thanksgiving ini sering ditunggu penduduk Amerika. Dan perlu digaris bawahi bahwa kalkun panggang lah yang menjadi makanan utama di perayaan ini.