Bagaimana Cikal Bakal Perayaan Thanksgiving ?

Bagaimana Cikal Bakal Perayaan Thanksgiving ?

Setiap Negara pasti memiliki sebuah perayaan-perayaan yang berdeda. Bagi setiap orang akan ada hari tertentu dan spesiap yang dimana disitu akan mereka gunakan untuk sebuah pesta dan perayaan. Salah satu perayaan besar yang banyak dilakukan masyarakat di beberapa Negara adalah perayaan Thanksgiving. Ini merupakan salah satu adat atau kebiasaan yang cukup terkenal dan sering diadakan di Amerika. Perayaan ini diadakan setiap hatunnya di Negara Amerika. Tepatnya pada hari Kamis minggu ke empat di bulan November. Dan pada adat yang satu ini, masyarakat Amerika biasanya menghabiskan waktu mereka dengan keluarga tercinta dengan menikmati hidangan ayam kalkun yang khas. Perayaan ini merupakan sebuah ucapan terimakasih atau rasa syukur ketika musim panen tiba. Dan ini merupakan sebuah hari libur di Negara Amerika Serikat.

Awal mula tradisi ini mulai dilakukan karena sebuah cerita yang sudah familiar dari England, UK. Berawal dari bebrerapa peziarah pada tahun 1609 yang meninggalkan England karena adanya masalah agama. Dan mereka pergi untuk mendapatkan sebuah kebebasan dalam beragama dan pergi pindah ke Belanda. Namun, setelah beberapa tahun para peziarah ini merasakan khawait. Mereka khawatir bahwa aka nada dampak bagi anak-anak mereka dalam budaya Belanda yang dapat merusak moralnya. Sehingga mereka akhirnya memutuskan untuk pindah lagi ke tempat yang lain. Dalam perjalanan tersebut, biaya mereka ditanggung oleh beberapa kelompok investor asal Inggris dengan gantinya yaitu upah kerja mereka selama kurun waktu 7 tahun. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berlayar menggunakan kapal besar tepatnya pada tanggal 6 September 1620. Kapal besar yang mereka naiki disebut dengan Mayflower. Berangkat dai Plymout England dengan dinaiki oleh 44 Santa dan juga 66 orang biasa yang juga biasa disebut dengan orang asing (Stranger).

thanksgiving cookiePelayaran ini memakan waktu sekitar 65 hari, dan banyak memakan korban jiwa. Karena mereka hanya bisa memakan makanan mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kapat yang mereka tumpangi terbuat dari kayu. Dalam perjalanan banyak hal yang tidak sejalan antara pihak santa dan orang asing. Dan pada 10 November mulai terlihat pulau Cape Cod. Sebelum itu mereka sudaqh mengadakan kesepakatan yang mereka namai dengan Mayflower Compact. Namun, mereka tidak berhenti di pulai tersebut. Mereka melanjutkan perjalanan hingga menemukan sebuah pulai yang pada akhirnya di beri nama Plymouth seperti di England.

 

Pada musim dingin pertama yang mereka lewati, tersisa sekitar 50 orang saja. Karena yang lain meninggal tidak mampu untuk bertahan hidup. Hingga datang seorang suku Indian pada tanggal 16 Maret 1621. Awalnya mereka ketakutan sebelum akhirnya Samoset mengucapkan kata bahasa Inggris. Setelah bermalam disitu Samoset mengajak temannya yang lebih pintar dalam berbahasa Inggris. Mereka mengajarkan begaimana bercocok tanam dan bertahan hidup. Hingga akhirnya musim panen tiba dan hasil yang didapatkan sangat melimpah. Dan mereka mengadakapn pesta syukuran. Inilah awal muka perayaan Thanksgiving diadakan, Setelah itu tahun selanjutnya panen tidak seberuntung tahun sebelumnya. Hingga ketua suku meminta rakyatnya untuk berpuasa dan berdoa. Dan akhirnya terjawab dengan turun hujan. Dan dirayakan perayaan pada tanggal 29 November. Berlanjut hingga tahun-tahun selanjutnya setiap tahun diadakan perayaan syukuran setelah panan berlangsung. Dan pada tahun 1817 New York mengikuti perayaan tersebut dan beberapa Negara yang lainnya. dan pada akhirnya tahun 1873 oleh presidan Abraham Licoln ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk masyarakatnya.