Perayaan Thanksgiving ala Orang Indonesia

Perayaan Thanksgiving ala Orang Indonesia

Thanksgiving merupakan suatu perayaan yang biasa di lakukan masyarakat Amerika setiap tahunnya. Bahkan, perayaan thanksgiving sudah dijadikan hari libur nasional setiap tahunnya. Hal tersebut sudah berlangsung sejak sangat lama sejak tahun 1863 saat Abraham Lincoln menjabat sebagai presiden Amerika. Perayaan ini merupakan bentuk rasa terima kasih dan  rasa syukur di akhir musim panen. Di Amerika Serikat, Thanksgiving biasanya diperingati pada hari Kamis pada minggu keempat di bulan November, sedangkan di Kanada Thanksgiving dirayakan pada hari Senin di minggu kedua di bulan Oktober. Tidak hanya di Amerika dan di Kanada, perayaan thanksgiving sudah menyebar dan menjamur di seluruh negara di hamper seluruh bagian di muka bumi. makan bersama seluruh rakyatTak terkecuali di Indonesia, sebagian masyarakat Indonesia pun ikut merayakan perayaan Thanksgiving ini, bukan hanya masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri, bahkan yang di dalam negeri pun ada yang ikut merayakannya. Sebenarnya, secara sadar maupun tidak sadar kita sudah ikut merayakan Thanksgiving ala orang Indonesia. Jika tidak percaya mari kita simak ulasan berikut yang akan menjelaskan kegiatan apa saja yang biasa kita lakukan pada saat perayaan Thanksgiving di Indonesia:

  1. Liburan

Perayaan Thanksgiving yang jatuh di setiap minggu keempat bulan November merupakan moment yang dekat dengan liburan akhir tahun dan libur Hari Raya Natal. Bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa perayaan Thanksgiving merupakan rangkaian parade dari perayaan Hari Raya Natal. Liburan selain sebagai momen untuk refreshing dan bersenang-senang bersama, liburan ini juga bisa menjadi sarana pembelajaran bagi setiap orang. Banyak hal yang mungkin akan ditemukan dan dapat menjadi pembelajaran bagi diri sndiri. Liburan di akhir tahun ini sangat mirip dengan perayaan Thanksgiving yang berada di Amerika yang kebanyakan dari mereka akan menghabiskan waktunya untuk berlibur bersama keluarga.

  1. Berkumpul Bersama Sanak Keluarga

Kumpul bersama sanak keluarga merupakan hal yang akan sangat di tunggu oleh setiap orang tentunya. Terutama bagi mereka yang di hamper setiap harinya disibukkan dengan berbagai aktivitas yang jauh dari kampung halaman. Pada moment perayaan thanksgiving yang biasa di lakukan di Amerika juga merupakan moment berkumpulnya keluarga, dimana biasanya mereka melakukan makan malam bersama dengan memanggang daging kalkun. Makna berkumpul bersama sanak keluarga salah satunya ialah dapat kembali merasakan kehangatan keluarga, karena keluarga yang berkumpul akan menciptakan suasana dan memunculkan energi positif akibat kegembiraan dengan hadirnya seluruh keluarga.

  1. Berburu Barang Diskon

Bulan November merupakan bulan yang sangat di nanti bagi mereka yang hobi berbelanja. Hal ini erat kaitannya dengan perayaan Thanksgiving di Amerika. Sehari setelah perayaan Thanksgiving, yaitu hari jumat biasa di sebut dengan sebutan “Black Friday”. Fenomena ini merupakan fenomena belanja dengan diskon besar-besaran di Amerika. Pada hari “Black Friday” ini hampir seluruh toko di Amerika dan negara bagiannya memberi diskon besar-besaran untuk barang-barang yang di jual. Hal ini erat kaitannya dengan tradisi “cuci gudang akhir taun” yang biasa di lakukan oleh toko-toko di Indonesia, tidak jarang kebanyakan dari kita rela mengantri sangat panjang untuk mendapatkan barang-barang yang diinginkan dengan harga yang murah.