Sejarah Hari Valentine

Sejarah Hari Valentine

Sejarah Hari Valentine

 

Hari valentine adalah hari dimana banyak kalangan anak muda yang memberikan hadiah, coklat ataupun bunga kepada pasangannya. Namun, bagi yang masih belum memiliki pasangan, hari ini merupakan hari yang di tunggu – tunggu untuk mendapatkan pasangan dengan mengirimkan coklat kepada seseorang yang disukainya dengan harapan akan mendapatkan balasan.

 

Namun Di hari valentine ini, banyak juga yang menggunakan hari ini untuk mengungkapkan kasih sayang kepada keluarga masing – masing dengan makan bersama dan bahkan memberikan coklat dan bunga. Hari Valentine yang diperingati setiap 14 Februari ini sebenarnya berasal dari budaya luar Indonesia.

 

Darimana Asal Hari Valentine ?

 

hari valentine 14 februari

 

Bagi yang merayakan hari Valentine apakah sudah mengetahui darimana asal cerita dari hari Valentine yang kita rayakan setiap tanggal 14 Februari ? Untuk yang masih belum mengetahui asal hari Valentine boleh di simak cerita di bawah ini ya guys dan untuk yang sudah mengetahui boleh untuk membaca dan melengkapi cerita ini dengan menuliskan komentar pada akhir cerita.

 

Menurut Wikipedia, hari Valentine ini berasal dari nama salah satu orang suci yang bernama Valentine. Namun kepastian cerita dari asal hari Valentine ini masih belum diketahui secara pasti karena memiliki berbagai versi. Salah satu kisah mengatakan bahwa saat jaman romawi, Kaisar Romawi melarang tentara muda untuk menikah.

 

Namun salah seorang pendeta yang bernama Valentine tetap membaptis tentara muda yang ingin menikah. Sehingga dirinya kemudian dihukum mati oleh Kaisar.

 

Cerita lainnya mengatakan Seorang pendeta yang bernama Valentine mencoba untuk menyelamatkan tahanan yang disiksa oleh kepala penjara. Namun Valentine tertangkap dan sebelum di eksekusi, Valentine sempat untuk mengirim surat kepada kekasihnya yang kemungkinan merupakan anak dari kepala sipil penjara dengan bertuliskan kata “Dari Valentine-mu”.

 

Versi lainnya adalah Seorang pendeta pada masa pemerintahan kaisar Romawi yang dipenjara dan berhasil mengembalikan penglihatan seorang gadis yang mengalami kebutaan. Gadis ini kemudian jatuh cinta kepada Valentine yang dieksekusi pada tanggal 14 Februari.

 

Valentine ini diidentikkan dengan bunga, coklat, kartu ucapan bahkan cupid. Pemberian benda – benda ini juga memiliki asal usul tersendiri seperti kartu ucapan. Kartu ucapan ini berasal dari seorang bangsawan yang tertangkap dan dipenjara pad tahun 1415. Bangsawan yang bernama Charles ini kemudian mengirimkan surat cinta kepada istrinya. Sampai saat ini, surat ini masih disimpan di museum Inggris.

 

Banyak ahli yang mengatakan ini merupakan awal mula populernya pemberian kartu ucapan Valentine di Inggris. Dengan didukung oleh percetakan yang memproduksi masal kartu Valentine dengan berbagai desain. Mengirimkan kartu ucapan inipun mulai masuk ke Amerika pada tahun ke 1840.

 

coklat valentine

 

Sementara untuk hadiah coklat ini merupakan gagasan dari Richard Cadbury yang mengeluarkan coklat Valentine pertama.  Di masa itu, Coklat merupakan salah satu barang yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas.

 

Untuk Cupid ini merupakan salah satu gambar yang dibuat oleh Eros yang membuat gambar pemuda yang betubuh kekar dengan sayap. Namun di masa seni renaissance, Raphael melukiskan gambar bayi lucu untuk mengungkapkan rasa cinta sehingga sekarang kita melihat perpaduan bayi yang memiliki sayap serta dengan busur panah.

 

bunga mawah merah valentine

 

Untuk bunga yang diberikan pada saat Valentine adalah bunga mawar merah. Bunga mawar merah ini mempunyai arti emosi atau pesan yang tersimpan. Sekarang ini, bunga mawar merah dilambangkan dengan cinta.

 

Itulah yang bisa kami berikan untuk memberitahukan sejarah hari Valentine. Jadi untuk tanggal 14 Februari nanti jangan lupa kirimkan coklat atau juga kartu ucapan kepada kami ya. See you again guys..