Thanksgiving Days Ada di Indonesia?

Thanksgiving Days Ada di Indonesia?

Thanksgiving Days Ada di Indonesia ? – Mungkin banyak dari anda yang mulai kebingungan dan mulai menanyankan apa sebenarnya thanksgiving day. Sebagian dari anda mungkin menemukan kata thanksgiving day dari aplikasi media social seperti facebook yang senantiasa update hari-hari penting disetiap dunia. Kemudian mengucapkannya pada anda,ada juga yang mungkin menemukan artis idolanya yang berasal dari Amerika mengucapkan happy thanksgiving day. Tidak usah galau atau bingung karena saya akan memberikan gambaran apa itu thanksgiving day bagi anda semua. Yang pertama saya akan memberikan pengertian dari hari spesial itu.  Thanksgiving day adalah perayaan yang umumnya diadakan oleh masyarakat Amerika utara seperti Kanada, Amerika serikat dan beberapa Negara lain sebagai wujud rasa syukur atas karunia Tuhan yang telah memberikan panen yang cukup baik serta kebahagian lain kepada mereka. Kemudian sebenarnya kapan perayaan thanksgiving day? Setiap Negara memiliki waktu yang berbeda beda dalam pelaksanaan hari special tersebut. Ada yang merayakan hari Kamis bulan November, ada yang hari senin bulan Oktober dan banyak lagi. Lantas apa yang mereka lakukan? Mereka melakukan serangkaian acara seperti makan kalkun bersama keluarga. Kemudian pergi ke gereja untuk melaksanakan ibadah yang berisi rasa syukur dan kegiatan lain utamanya adalah mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan. Pada hari berikutnya mereka memanfaatkan hari libur perayaan ini untuk pergi ke toko serba ada yang ada di kawasan tempat tinggal mereka untuk membeli keperluan dan persiapan Natal.

Lantas apa mereka libur pada hari itu? Libur atau tidaknya tergantung dari peraturan pemerintah dan perusahaan tempat mereka berkerja  ada yang meliburkan ada juga yang dapat mengambil cuti. Kemudian apa ada thanksgiving day di Indonesia jika kita mengacu pada pengertiannya yaitu sebagai perayaan wujud syukur kepada panen yang diberikan Tuhan maka hal tersebut saya jawab ada. Indonesia memiliki budaya yang sangat kaya disetiap daerah ada budaya masing masing khususnya perayaan panen. Bisa kita sebut sebagai thanksgiving day versi indonesianya karena pada dasarnya sama yaitu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas rahmat yang telah diberikan. Namun sebelum saya membahas beberapa thanksgiving day versi Indonesia, jangan berasumsi bahwa nantinya akan seperti di Amerika di mana perayaannya diisi dengan makan kalkun bersama atau berisi Sinteklas yang  keliling wilayah Indonesia. Jelas tidak karena ini versi Indonesia maka aka nada ciri khas Indonesia sendiri.

perayaan panen pacu jawi

perayaan panen pacu jawi

Yang akan saya bahas adalah tradisi-tradisi perayaan pasca panen masyarakat Indonesia salah satunya Perayaan Panen Pacu Jawi. Perayaan ini dilaksanakan setiap tiga tahun sekali sebelum masa tanam padi di wilayah kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Rangkaian acara yang diadakan diantaranya adalah adu cepat dua ekor Jawi. Jawi adalah sebutan hewan sapi yang sering dilombakan dalam adat minangkau. Hewan ini awalnya dihias dan didadani sebelumnya akhirnya diperlombakan. Bukan hanya kecepatan yang dinilai namun juga lurus tidaknya Jawi dalam berlari. Keuntungan dari diadakan festival ini adalah meningkatkan harga jual Jawi karena jika menang dalam lomba hewan ini akan dihargai dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan bisa berkali kali jika ia menang beberapa kali perlombaan. Kemudian juga manfaat lain adalah menarik wisatawan untuk berlibur ke Sumatera Barat. Menurut saya ini merupakan thanksgiving day masyarakat Sumatera Barat yang diadakan sebagai wujud rasa syukur atas panen dan mengisi waktu luang. Dari penjelasan saya di atas saya harap anda mengerti tentang perayaan thanksgiving day di beberapa negara dan bila anda mungkin berkunjung ke luar indonesia dan ditanya “Apa ada thanksgiving day di Indonesia?”. Jika itu mengacu pada pengertian thanksgiving day jawabannya adalah ada, salah satunya Pacu Jawi ini.