Thanksgiving, Perayaan yang Paling Dinantikan Tiap Tahunnya

Thanksgiving, Perayaan yang Paling Dinantikan Tiap Tahunnya

Thanksgiving, Perayaan yang Paling Dinantikan Tiap Tahunnya – Mungkin banyak di antara kita yang asing dengan perayaan Thanksgiving. Namun, tidak bagi  mereka yang tinggal di daerah Amerika Serikat (AS) atau Kanada. Perayaan Thanksgiving merupakan perayaan yang diperingati tiap hari Kamis di minggu keempat pada Bulan November tiap tahunnya. Thanksgiving diadakan  dengan tujuan mengucap syukur dan terimakasih kepada berkah Tuhan atas berlimpahnya panen yang diperoleh. Perayaan Thanksgiving di Amerika berbeda dengan perayaan thanksgiving yang dilakukan di Kanada. Jika di Kanada perayaan Thanksgiving hanya dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di provinsi yang berbahasa Inggris. Tidak hanya itu, pesta makan Thanksgiving di Kanada bisa berlangsung berhari-hari. Jika hari ini dilakukan dengan sanak saudara dari pihak istri, keesokan hari nya dilakukan dengan saudara dari pihak suami, atau sanak saudara yang lainnya.

perayaan thansgiving tiap tahunSeiring berjalan waktu, perayaan Thanksgiving sebagai pesta hasil panen akhirnya berubah karena perkembangan ekonomi Amerika Serikat. Yang paling terlihat adalah sehari sesudah perayaan Thanksgiving atau yang biasa disebut Black Friday. Pada hari ini sebagian besar toko sudah buka sejak pagi hari dan menjual barang dengan harga yang murah atau jika tidak mereka akan memberika diskon yang besar terhadap barang yang mereka jual. Barang yang paling banyak diminati adalah barang elektronik. Hamper di setiap tahunnya took-toko elektronik penuh dengan orang yang mengantri untuk membeli barang sejak Kamis sore.

Bahkan beberapa toko elektronik berani buka hingga pukul 12 malam untuk memenuhi permintaan pelanggan. Tidak hanya itu, perayaan Thanksgiving sendiri  menjadi kesempatan berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Biasanya sehari sebelum perayaan Thanksgiving sampai hari Minggu yang merupakan hari terakhir libur perayaan Thanksgiving merupakan hari-hari tersibuk bagi berbagai moda transportasi, baik pesawat, kereta api, bus antarkota, dan jalan-jalan raya. Sebagai awal perayaan Thanksgiving ditandai dengan berbagai karnaval dan pawai yang menampilkan berbagai kendaraan dengan tema yang menarik. Pawai biasanya diakhiri dengan sebuah kendaraan yang berhias ala Natal dan ditumpangi oleh sinterklas, yang bertujuan untuk mengingatkan bahwa Hari Raya Natal akan segera tiba.

Selain tradisi karnaval yang di lakukan di berbagai kota. Kompetisi sepak bola di Amerika dan Kanada akan dimulai sejak perayaan Thanksgiving ini. Keunikan lain pada perayaan Thanksgiving ini  adalah tradisi untuk tidak memotong semua kalkun. Sebenarnya  tradisi ini berawal ketika Presiden Truman menerima kiriman kalkun di Gedung Putih dari anggota Dewan Unggas dan Telur Nasional dan wakil peternak kalkun. Sejak itu lah, setiap tahunnya Federasi Kalkun mempunyai tradisi memberi hadiah dua ekor kalkun yang siap dimasak dan satu ekor kalkun hidup kepada Presiden Amerika Serikat. Masyarakat Amerika percaya bahwa kalkun yang masih hidup diampuni nyawanya dan akan hidup damai sebagai binatang peliharaan. Kalkun tersebut baru akan di sembelih di perayaan thanksgiving tahun berikutnya. Dengan berbagai keunikan dan kemeriahan dalam perayaan Thanksgiving setiap tahunnya, maka tidak salah jika perayaan Thankgiving ini merupakan perayaan yang sangat di tunggu-tunggu oleh masyarakat di seluruh dunia, khususnya masyarakat yang tinggal di Amerika dan Kanada.