Thanksgiving Suatu Bentuk Perayaan Penuh Rasa Bersyukur

Thanksgiving Suatu Bentuk Perayaan Penuh Rasa Bersyukur

Thanksgiving, Suatu Bentuk Perayaan Penuh Rasa Bersyukur – Siapa yang tidak pernah mendengar istilah Thanksgiving? Istilah ini sudah tentu cukup familier di telinga sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Perayaan yang diperingati setiap minggu keempat bulan November tepatnya hari Kamis ini memang perayaan tahunan yang selalu dilakukan, terutama di wilayah Amerika Serikat. Amerika Serikat inilah merupakan negara asal mula Thanksgiving ini dimulai. Sejarah Thanksgiving sendiri dianggap sebagai bentuk syukur atas berhasilnya panen. Namun ada sejarah lain yang menyebutkan bahwa Thanksgiving merupakan peringatan atas peristiwa pembantaian besar-besaran tanpa ampun yang dialami oleh suku asli Amerika Serikat yaitu suku Indian.
Thanksgiving ini juga merupakan bentuk perayaan sebagai perwujudan rasa syukur serta momen untuk kembali berkumpul bersama anggota keluarga serta para sahabat. Momen ini Mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan selama ini. Selain itu, kita dapat berbagi kebahagiaan bersama dengan orang-orang yang terkasih.
Ada sebuah kutipan dari Shawnee tentang saling menghargai serta saling bersyukur tanpa harus memandang perbedaan. berikut kutipan Tecumseh, Shawnee ( dalam bahasa Indonesia ) :

keranjang thanksgiving

Jalnilah hidupmu dimana ketakutan akan kematian tidak akan mempengaruhimu

Jangan mengusik orang lain tentang kepercayaannya

Hargai jalan pikiran orang lain dan mintalah mereka untuk menghargaimu juga
Cintai hidupmu, sempurnakan hidupmu, penuhi hal-hal yang indah dalam hidupmu

Carilah cara agar hidupmu panjang dan layani sekitarmu

Persiapkan lagu kematian ketika tiba masanya engkau pergi kearah yang berbeda
Selalu berucap hal yang baik dan bersikap hormat ketika berpapasan dengan teman

Atau sekalipun dengan orang asing

Tunjukkan respekmu kepada setiap orang tanpa terkecuali

Ketika kamu terbangun di pagi hari, berterima kasihlah pada warna dalam hidupmu

Untuk kekuatanmu

Berterima kasihlah pada Tuhanmu dan kebahagiaan dalam hidup

Jika kamu tidak menemukan alasan untuk mengucapkan terima kasih, itulah kesalahan dalam

hidupmu

Seth Godin mempublikasikan The Thanksgiving Reader kepada seluruh pembaca di dunia. Kutipan diatas merupakan salah satu bagian dari The Thanksgiving Reader. Sang penulis memiliki ide sederhana ketika merilis tulisan ini. Ia ingin di saat perayaan Thanksgiving ini setelah jamuan makan malam setiap orang bisa secara bergantian membaca kutipan dari buku ini dan berbagi kalimat-kalimat penuh syukur antara satu sama lain.

Makna dari Thanksgiving memang bertujuan untuk bersyukur atas apa yang telah berhasil mereka capai, apa yang telah Tuhan limpahkan kepada mereka. Ketika kita bersyukur terhadap sesuatu, kita akan lebih mudah memaknai hal lain dalam hidup. Ketika kita telah mampu bersyukur, kita tidak akan tumbuh menjadi sosok arogan yang selalu menginginkan lebih dan lebih lagi. Walaupun memang banyak kontroversi, mengingat cerita yang dibagikan adalah hal-hal yang baik dari sisi Thanksgiving saja, namun dibalik perayaan Thanksgiving yang penuh syukur tersebut, banyak tersimpan sejarah yang tragis. Tetapi, tetap saja perlu kita maknai hal-hal yang positif yang dapat diambil dsri tradisi ini. Kita perlu meniru nilai-nilai positif dari perayaan Thanksgiving ini agar menjadi sosok yang lebih baik lagi.